Translate

Kamis, 26 Juni 2014

UNIT ARMADA CV MASSATOURS
XENIA AVANZA INNOVA 
ELF 11 - 15SEAT

CV MASSATOURS



HINO DUTRO 15 SEAT



INTERIOR
( TV Audio Video AC Reclining seat )

Rabu, 18 Juni 2014

           Apa itu Tour Leader ? Apakah fungsi dan gunanya? Seberapa besar peran seorang TL dalam perjalanan wisata? Dan khususnya bagi wisatawan sendiri, apakah ada manfaatnya?.
            Tour Leader atau biasa disingkat TL, adalah staf biro perjalanan wisata yang ditugaskan untuk menjadi perwakilan biro perjalanan wisata (Humas) dan pemimpin perjalanan wisata bagi peserta wisata yang telah menggunakan jasa biro perjalanan wisata tersebut. Dalam tugasnya, seorang Tour leader dituntut untuk dapat menguasai dan memahami tugasnya, antara lain :
  • Mengetahui jadwal wisata/ Itinerary maupun lokasi tempat wisata yang dikunjungi.
  • Mengendalikan acara dan perjalanan wisata.
  • Mendampingi, mengawasi dan menghibur peserta selama kegiatan wisata berlangsung.
  • Humoris, sopan dan juga ramah, namun tetap menjaga wibawa sebagai TL.
  • Berpengetahuan luas, dan selalu update informasi.
  • Sanggup tampil rapi, bersih, percaya diri, bertanggung jawab dan siap mental.
  • Mampu mengatur akomodasi dan layanan lain dalam paket wisata.
  • Bermoral militan, Tegas dan berani dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk personal yang berpotensi mengganggu dan mengurangi kenyamanan dan keamanan wisata (Pengamen, pengemis Dll.)
  • Bertanggung jawab atas keputusan yang diambil bila ada perubahan jadwal wisata.
            Menjadi seorang Tour Leader merupakan salah satu cara untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata, bukan hanya secara gratis, tapi juga dibayar. Potensi penghasilan dari bidang ini sangat besar, namun semuanya juga tergantung dari profesionalitas dan pengalaman masing-masing individu.
            Dewasa ini jasa Tour Leader menjadi sesuatu yang sangat vital karena banyaknya wisatawan yang bepergian secara berkelompok ke suatu daerah atau negara asing, di mana demi keamanan dan kenyamanan, mereka memesan paket perjalanan melalui biro perjalanan wisata. Sebenarnya ada perbedaan yang cukup prinsipil antara pemandu wisata (Tour guide) dengan pemimpin rombongan (Tour leader). Pemandu wisata biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap suatu obyek wisata tertentu. Tugasnya adalah memberikan penjelasan secara detail kepada anggota rombongan – mulai dari cerita berlatar belakang sejarah, tata cara dan kebiasaan hidup masyarakat setempat, sampai tempat membeli suvenir yang murah-meriah atau yang mahal di tempat tersebut—dan setelah acara kunjungan di tempat tersebut usai, maka usai jugalah tugasnya.
            Sedangkan seorang pemimpin rombongan lebih banyak berperan sebagai ‘leader’bagi anggota rombongan, dimana selama perjalanan dia selalu menyertai dan melayani kepentingan peserta wisata. Pendeknya, seorang pemimpin rombongan harus memiliki kemampuan manajerial dan komunikasi yang baik.  

 II. PEDOMAN KERJA SEORANG TOUR LEADER
  1. Sanggup bekerja dengan hati, 
  2. Berpakaian rapi, sopan dan terlihat bersih.
  3. Tidak merokok selama Handling peserta, kecuali saat makan dan istirahat
  4. Tidak mengkonsumsi minuman ber-alkohol selama handling peserta.
  5. Tidak bertindik, bertato, dan jenis piercing lainya.
  6. Sanggup bekerja keras, baik dalam team maupun individu,  Bergerak semangat dan cekatan.
  7. Sanggup menjaga kerapian dan sopan santun selama wisata berlangsung.
  8. Secara keseluruhan bisa memahami bahwa saat menjadi Tour Leader adalah saatnya bekerja, bukan sedang berwisata, tidak bersikap masabodoh dan semaunya sendiri.

     III. Penampilan Tour Leader

           Tidak mudah menjadi seorang Tour Leader, Butuh komitmen dan tanggung jawab yang besar. Jika anda memutuskan untuk menjadi seorang Tour Leader, Maka anda harus siap tampil menatap satu persatu peserta wisata dan siap juga menjadi objek yang ditatap peserta wisata dimanapun, baik didalam bus maupun di objek wisata. Untuk itu seorang Tour Leader harus memperhatikan penampilan dan kesiapan pribadi sebelum bekerja. Hal-hal yang mutlak diperhatikan dan efek bagi yang memperhatikan adalah :
    1. Rambut : Tidak ada salahnya memakai sedikit minyak rambut agar lebih rapi dan usahakan agar memotong rambut minimal 1 minggu sebelum berangkat.
    2. Wajah : Biasakan membawa sabun pencuci muka, handuk kecil dan tissue agar wajah lebih terlihat bersih,  jangan lupa untuk mencuci muka saat di rumah makan agar wajah tidak terlihat berminyak dan kusut.
    3. Gigi dan Mulut : Sekali anda lupa menjaga kebersihan bagian tersebut, atau lupa membawa sikat dan pasta gigi, anda mungkin tidak akan dipakai travel agen lagi, karena setiap hal kecil tersebut justru memperlihatkan kemalasan anda sendiri.
    4. Badan : Jangan sampai bau badan anda mengganggu peserta wisata, selalu ingat untuk membawa peralatan mandi, deodorant yang bisa disimpan ringkas, siapkan minimal seminggu sebelum berangkat. jangan memakai parfum saat keringatan karena justru campuran bau parfum dan keringat dapat membuat mual.
    5. Tangan : Pastikan anda tidak memelihara kuku terlalu panjang dan sebelum berangkat anda sudah memotong kuku anda, jika anda lupa memotong kuku, sehingga kuku menjadi kotor dan hitam, maka jangan heran saat peserta merasa jijik dan enggan berjabat tangan dengan anda. 
    6. Pakaian : Pastikan seragam dan celana yang dipakai rapi bersih dan sudah disetrika,dan juga pastikan tidak ada bagian pakaian yang robek. Tidak ada salahnya membawa baju ganti walaupun acara tour hanya sehari. jika hendak ganti baju maupun melepas baju seragam anda, pastikan tidak terlihat oleh peserta wisata. dibeberapa biro wisata, tidak dibenarkan bekerja memakai kaos tanpa memakai seragam, belajarlah dari Supir dan kondektur, supir dan kondektur bisa dipecat jika tidak memakai seragam saat bekerja.
    7. TAS : Persiapkan Tas Besar untuk keperluan pakaian dan barang-barang anda jika acara lebih dari satu hari. dan Tas Kecil untuk penyimpanan barang2 yang bisa dibawa dan bersifat ringkas seperti: Hp, Camdig, Dompet, Tissue, Uang parkir, Itinerary dan lain-lain.
    8. Handycam : Beberapa perusahaan perjalanan wisata biasanya membekali anda dengan handycam atau sekedar camdig untuk dokumentasi perjalanan wisata.
    9. Sepatu : Tour Leader wajib membawa sepatu dan kaos kaki, bawa sandal saat di hotel dan dipakai saat acara bebas, dilarang memakai sandal saat bekerja.
    10. Aksesoris : Jam tangan. Kacamata, topi saat panas terik, dan payung apabila perlu (anda akan mendapatkan penilaian lebih dimata peserta tour walau sekedar membawakan payung untuk mereka saat hujan )

    PERKENALAN TL / HANDLING
    ‘MeeT In FIRSTIME”

    Greetings / sambutan :  
    - Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
    - Selamat pagi adik2 / semuanyaa...?!!
    - Apa kabarnya hari ini??
    - Sudah siap berangkat..??  
      Oke, kalau begitu, sebelumnya mohon di Cek dulu barang bawaan yang akan dibawa, mungkin ada yang kurang, atau tertinggal, yah..  jangan lupa juga untuk selalu membawa jaket, baju hangat, atau bahkan sarung kalau perlu, agar tidak kedinginan nantinya..  soalnya perjalanan kita kali ini, nantinya cukup  jauh dan lama..

    Perkenalan :
           Baiklah, adik2 sekalian,, pada kesempatan kali ini perkenankanlah saya untuk memperkenalkan diri dan serta Dua orang paling ganteng didalam Bus ini.. yang pertama ada Bapak Sarimin SH. ( Supir Harian.. Hahahaha ) Beliau adalah bapak supir Bus yang selalu  setia duduk diatas roda Bus ini untuk mengantarkan kita ke tempat tujuan, selama tur ini.
           Kemudian yang kedua, namanya mas Acong B.A ( Bus Assistant.. hohohoho.. )  Beliau adalah bapak  Kondektur Bus yang Tugasnya sebagai Assistant dan membantu bapak supir, yang setia menjaga Bus beserta isinya saat di objek wisata nanti..
        Selanjutnya saya Mewakili Biro Perjalanan Wisata Massatours perkenalkan nama saya Parjono, panggil saja Mas John, Okay.. hahaa.. sejak kecil saya tinggal di SWISS, yaitu Sekitar Wilayah Sleman Sembada. Masih nyambi belajar di Fakultas Ekonomi & Bisnis UGM th 2009 lalu,
         Yaa.. Demikianlah perkenalan singkat saya di hari yang berbahagia ini, karena pada hari ini saya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan adik2 sekalian, namun sebelum terlalu jauh kita meninggalkan sekolah Tercinta. Ada baiknya bagi kita semua untuk berdo’a terlebih dahulu,,  semoga di perjalanan panjang ini nantinya akan berjalan lancar, aman, dan selamat sampai pulang lagi ke rumah,, Amiin..
         Sebelumnya, apakah diantara adik2 ada yang sudah ditunjuk untuk jadi pemimpin do’a bersama? Atau mungkin dari bapak / ibu guru..?
         baiklah kalau tidak ada marilah kita meluangkan waktu sejenak untuk berdoa bersama2,, sesuai dengan kepercayaan kita masing2.. semoga Tuhan yang maha kuasa melindungi dan merestui perjalanan panjang kita semua.. Berdoa dipersilahkan.   
    …… Amin..
         Selanjutnya, saya akan membacakan lagi susunan acara dan beberapa informasi, Semoga nantinya jadwal tidak ada yang berubah,,
    •  yang pertama… (Baca/Hafalkan susunan acara)
    selanjutnya saya akan memberikan beberapa aturan dan informasi bagi adik2 yang mungkinn sedikit berguna nantinya.. yang pertama :
    1. Bus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan perjalanan kita, ada Obat dan P3K untuk peserta, dan paling pojok sendiri ada Toilet di bagian belakang bus dan hanya untuk buang air kecil saja(kalau ada toiletnya).
    2. selanjutnya dalam perjalanan panjang ini kami dari biro perjalanan beserta bapak supir, kondektur akan selalu berusaha untuk ontime , tepat waktu, tertib, demi perjalanan yang aman, nyaman dan lancar, namun kadang  walaupun kita sudah menyesuaikan jadwal, ada saja kemungkinan yang terkadang ditemui dijalan, dan tentu saja itu diluar yang kita harapkan, seperti macet, karena mungkin musim liburan, atau ada hal lain, seperti jalan yang sedang diperbaiki, dan lain sebagainya..  yah, kita harapkan semoga nanti itu semua tidak terjadi, dan kalaupun terjadi, saya mohon adik2 tetap sabar, siapa tahu nanti dalam perjalanan ini kita mendapat inspirasi yang berguna bagi kita semua.
    3. Nanti adik2 saya mohon kerjasamanya, untuk jangan meninggalkan apapun  selain kenangan dan  telapak kaki, karena sayang sekali  kalau sudah beli oleh2 malah tertinggal.
    4. saat kita memasuki objek wisata nanti, saya anjurkan untuk tidak membawa makanan berat seperti Nasi, lontong, dll. Karena mungkin dari pihak objek wisata melarang membawa masuk, Kalau permen2 kecil masih dibolehkan.
    5. apabila nanti adik2 mau berbelanja, pastikan barang berharga dan barang bawaan aman, Tentunya adik2 lebih tau dimana menyimpan barang bawaan yang lebih aman daripada saya,  selalu waspada dan hati2 ditempat ramai.
    6. apabila nanti, adik2 lupa, atau tertinggal sama temen2 yang lain,, adik2 bisa menghubungi saya, boleh SMS / Telp saya. Saya bacakan No.Hp Saya bisa dicatat, ( 0856 0000 0000


                " Nah, mungkin sekian sedikit info dari saya, apabila Adik2 ada yang mau mengajukan pertanyaan maupun request, tidak perlu malu2, mari kami persilahkan, Dan apabila nanti ada informasi tambahan akan kami informasikan lagi, selanjutnya saya mau minum, yah, mungkin adik2 ada yang mau mengisi waktu perjalanan ini, ayo, silahkan, mungkin ada yang punya bakat terpendam pengen nyanyi, atau jago cerita dan pengen menghibur sama temen2,, silahkan bagi yang berani unjuk gigi di depan..
      ………………………….
       (Opsional Cerita )

      **SAAT DI OBJEK WISATA/ / REST AREA**
      Mohon perhatian kepada adik2 semua, sebentar lagi kita akan sampai di ……… harap bersiap2 dan mempersiapkan yang perlu dibawa saja, yang belum bangun ditidurin eh, dibangunin,, hehehe..
           Adik2 tidak perlu buru2 masuk objek wisata, objeknya ndak akan lari, lihat pemandangan sekitar yang indah, dimohon kerjasamanya agar selalu menjaga barang bawaan, buanglah sampah pada temanya, eh tempatnya, begitu terimakasih. Hati2

      **CLOSSING SESSION**
           Mohon perhatian Adik2 semuanya, karena kita akan melanjutkan perjalanan, saya ingatkan agar selalu mengecek dan meneliti barang2nya,, coba dicek
                  Dompet, Kamera, Handycam, MP3, Hp, Charger, Jam tangan, cincin.
            tolong kerjasamanya, jangan sampai ada yang merasa kehilangan dan ketinggalan, karena kami juga hanya bisa  ikut sedih kalau ada yang sampai kehilangan, yang boleh ditinggal hanya telapak kaki adik2 dan kenangan yang berharga saja, tolong ditengok teman yang disebelah kanan dan kiri sudah lengkap apa belum. 
           Baiklah, Perjalanan akan dilanjutkan lagi,

           Baiklah adik2 sekalian, demikianlah perjalanan panjang kita kali ini sepertinya sudah berakhir,
      Namun begitu, kami sadar dimana saat perjalanan panjang ini dimulai, sengaja dan tidak sengaja mungkin kami telah banyak membuat kesalahan, oleh karena itu, mewakili bapak supir dan kondektur dan juga mewakili biro perjalanan wisata.......................... kami mohon maaf apabila banyak terdapat kesalahan, baik yang tidak sengaja maupun yang sengaja kami lakukan. Karena
      - konon katanya tidak ada pelaut yang hebat, yang hanya berlayar di laut yang tenang , tanpa badai dan ombak
      - konon katanya tidak ada supir yang hebat yang hanya mengemudi dijalan yang lurus dan nyaman tanpa ada halangan dan rintangan…
      - konon katanya tidak ada manusia yang hebat yang hanya hidup tanpa mendapat pelajaran kehidupan yang mahal  dan berharga.
      Jika nanti telah adik adik mau turun dari bus, mohon di cek barang bawaan, tas, makanan dan oleh-2 maupun barang belanjaan lainya. Kami harap tidak ada satupun dari adik2 yang merasa kehilangan yah..
      Demikian dari kami, jika ada kurang lebihnya kami mohon maaf, semoga di lain waktu kita dapat berjumpa lagi, sekian dan terimakasih,

      (**Saat anda merasa gagal, Lihat kearah orang2 diatas anda sehingga anda akan termotivasi untuk sukses, dan jangan lupa pula untuk melihat orang2 yang berada dibawah anda sehingga anda dapat belajar untuk terus bersyukur.  AnoniM**)